Comeback! Timnas Indonesia Bungkam Moldova 3-1

Indonesia vs Prancis
Gelandang serang Timnas Indonesia U-19, Marselino Ferdinan. Foto : Istimewa

Football – Timnas Indonesia U-19 sukses mendapat hasil positif pada uji coba melawan Timnas Moldova U-20 di Stadion Manavgat Ataturk, Turki, Selasa (1/11/2022) malam WIB. Tertinggal lebih dahulu, Timnas U-19 berhasil  comeback untuk membungkam Moldova 3-1.

Ini merupakan pertandingan ketiga Timnas Indonesia U-19 sejak training camp (TC) di Turki. Sebelumnya, mereka mengalahkan klub lokal, Cakallikli Spor dengan skor 2-1 pada 24 Oktober dan kalah 1-2 dari tuan rumah Turki U-20 dua hari setelahnya.

Bacaan Lainnya

Skuad Garuda Nusantara –julukan Timnas Indonesia U-19– sendiri akan kembali melawan Moldova U-20 pada 4 November mendatang.

Dikutip dari laman Suara.com (partner Jambiseru.com) judul artikel “Marselino Ferdinan Gemilang, Timnas Indonesia U-19 Lakoni Comeback Gebuk Moldova 3-1“, di Ataturk, pertandingan sudah berlangsung dengan intensitas kencang sejak laga dimulai. Terbukti gol sudah tercipta di menit-menit awal pertandingan.

Bulmaga selaku kapten Moldova U-20 sukses menjebol gawang Cahya Supriadi. Memanfaatkan kemelut di depan gawang, sang pemain bisa mengelabui kiper Persija Jakarta itu.

Tertinggal 0-1 membuat tim Merah Putih langsung merespons. Penguasaan bola didapat Garuda Nusantara, namun nampak kesulitan membongkar pertahanan Moldova.

Sulit sekali bagi Timnas Indonesia U-19 membongkar pertahanan Moldova. Berbagai upaya dilakukan Marselino Ferdinan dan kawan-kawan hingga babak pertama usai, namun tidak ada yang berbuah gol.

Sejatinya ada beberapa peluang yang bisa dimanfaatkan menjadi gol di menit-menit akhir babak pertama. Sayang Ronaldo Kwateh yang banyak mendapat peluang itu gagal memanfaatkannya menjadi gol.

Alhasil, sampai dengan turun minum skor 1-0 untuk kemenangan sementara Moldova U-20 tidak mengalami perubahan.

Di awal babak kedua Timnas Indonesia U-19 langsung mendapatkan peluang. Sayang bola liar di mulut gawang Moldova gagal dimaksimalkan oleh Hokky Caraka.

Kiper Moldova Dumenco bermain sangat baik mengawal gawang dari kebobolan. Berbagai percobaan yang dilakukan Muhammad Ferarri dan kawan-kawan selalu bisa dimentahkan.

Menit ke-57 akhirnya upaya Indonesia berbuah hasil. Umpan terobosan dari Zanadin Fariz diselesaikan dengan bagus oleh Rabbani Tasnim sekaligus mengubah kedudukan menjadi 1-1.

Selepas bisa menyamakan kedudukan, Garuda Nusantara langsung memberikan tekanan. Bek Moldova U-20 dibuat kerepotan oleh permainan Marselino Ferdinan dan kawan-kawan.

Terbukti Indonesia mampu membalikkan keadaan menjadi 2-1 pada menit ke-72. Memanfaatkan kesalahan pemain Moldova U-20, Muhammad Ferarri yang tanpa kawalan dengan mudah menyundul bola ke dalam gawang.

Tidak butuh waktu lama buat Timnas Indonesia U-19 menambah keunggulan. Marselino Ferdinan mengubah skor menjadi 3-1 usai tendangan penaltinya tak bisa dimentahkan kiper Moldova.

Moldova U-20 nampak kelelahan di akhir-akhir pertandingan. Terlihat mereka kesulitan bongkar pertahanan Garuda Nusantara.

Alhasil sampai peluit tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan skor 3-1 tidak mengalami perubahan. (esa/suara)

Pos terkait