Negara-negara Ini Lenyap dari Peta, Pernah Tampil Bahkan Juara Piala Dunia

5 Negara Hilang dari Peta
Aksi kiper legendaris Uni Soviet, Lev Yashin, saat melawan pemain Inggris Jimmy Greaves pada 1963. (STAFF / AFP)

Football – Negara-negara ini lenyap dari peta, mereka pernah tampil di Piala Dunia bahkan ada yang tiga kali meraih gelar juara dan sebagian besar merupakan langganan tampil di Piala Dunia.

Namun, faktor peperangan dan terpecahnya negara-negara tersebut membuat mereka lenyap dari peta dan menghilang begitu saja setelah mengukir catatan bermain di turnamen bergengsi ini.

Bacaan Lainnya

Berikut ini 5 negara hilang dari peta yang pernah tampil Piala Dunia, dikutip dari laman Suara.com (partner Jambiseru.com) judul artikel “Hilang dari Peta, 5 Negara Ini Pernah Tampil di Piala Dunia“.

Jerman Barat

Jerman Barat tampil di 12 edisi Piala Dunia dan bahkan tiga kali merengkuh gelar juara.

Di antaranya tahun 1954, 1974 dan 1990 sebelum reunifikasi blok Barat dan Timur lewat dijebolnya tembok Berlin hingga membuat negara ini lenyap.

Uni Soviet

Uni Soviet mengoleksi tujuh edisi Piala Dunia selama keikutsertaan mereka di ajang ini, meskipun tak satupun berbuah gelar juara.

Sejak 1992, Uni Soviet terpecah menjadi 15 wilayah termasuk beberapa di antaranya seperti Rusia, Ukraina, Belarusia dan Armenia.

Lev Yashin
Kiper legendaris Uni Soviet, Lev Yashin. (STAFF / TASS / AFP)

Cekoslovakia

Bisa dibilang Cekoslovakia merupakan salah satu kekuatan Eropa di Piala Dunia, hal itu terbukti dengan torehan runner-up di tahun 1938 dan 1962.

Sebelum negara ini terpecah karena perang, menjadi dua bagian di tahun 1993 yakni Republik Ceko dan Slovakia dan dua-duanya juga memiliki tim nasional masing-masing.

JAMBI SERU NEWS NETWORK

Portal Jambi Seru : 1. Sepak Bola / Football - 2. Selebriti / Celebrity - 3. Lirik Lagu / Song Lyrics - 4. Film / Movie - 5. Teknologi / Technology - 6. Batanghari - 7. Merangin - 8. Muaro Jambi - 9. Tungkal  10. Tebo - 11. Kerinci - Sungai Penuh Network : 1. Jambi - 2. Jambi Flash  - 3. Koran Jambi - 4. Angso Duo - 5. Thehok 6. Seru TV

-----

Pos terkait