Deratan Playmaker Top Timnas Indonesia, Siapa Jagoanmu?

Link Live Streaming Indonesia vs Vietnam
Timnas Indonesia U-20. Foto : Istimewa

Football – Setidaknya ada 7 playmaker top Timnas Indonesia yang tampil memukau. Salah satunya jadi bintang di Piala AFF.

Sepak bola merupakan olahraga yang paling dicintai di Indonesia. Di setiap generasi selalu ada pemain-pemain hebat yang muncul.

Bacaan Lainnya

Khusus area playmaker, Indonesia punya beberapa nama yang bisa dibilang punya skill di atas rata-rata. Siapa saja mereka?

Berikut Deretan Playmaker Top Timnas Indonesia dikutip dari iNews.id:

1. Fakhri Husaini

Sepak bola Indonesia era 90 ini menyimpan sejumlah playmaker terbaik. Fakhri Husaini salah satunya.

Bersama Timnas Indonesia, dia melakoni 42 pertandingan dari 1986 hingga 1997 dan mencetak 13 gol.

Hingga akhirnya Fakhri gantung sepatu dan melanjutkan kariernya sebagai pelatih sepak bola. Dia juga sempat menangani timnas kelompok umur.

2. Ansyari Lubis

Selain Fakhri Husaini, sepak bola Indonesia pada era 90-an juga memiliki Ansyari Lubis. Legenda satu ini terkenal memiliki umpan-umpan akurat. Selain itu, tendangan bebas yang dia miliki juga sangat bagus.

Ansyari memperkuat Timnas Indonesia sejak 1990 hingga 2003. Dia pernah menjadi pemain nasional dengan transfer termahal di Indonesia ketika diboyong dari Medan Jaya oleh Pelita Jaya.

3. Ponaryo Astaman

Ponaryo Astaman menjadi playmaker andalan Indonesia pada era 2000-an. Dia merupakan pengatur serangan yang bisa juga berperan sebagai gelandang bertahan.

Ponaryo memulai kariernya bersama Timnas Indonesia pada 2003. Hingga akhirnya ia mencetak satu gol di Piala Asia 2004 dan memberikan kemenangan pertama di ajang tersebut saat menang 2-1 atas Qatar.

Kini pemain kelahiran Balikpapan itu menjadi pengurus Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI) dan komentator.

4. Firman Utina

Playmaker pertama yang dimiliki oleh Timnas Indonesia adalah Firman Utina. Dia terkenal memiliki gaya bermain yang sangat tenang saat membangun serangan.

Performa hebat Firman Utina di lini tengah Timnas Indonesia membuat dirinya semakin dikenal. Namanya mencuri perhatian di Piala AFF 2010 ketika berhasil menjadi pemain terbaik kejuaraan.

5. Evan Dimas

Playmaker selanjutnya yang dimiliki Indonesia adalah Evan Dimas. Dia memiliki kemampuan menguasai bola yang baik.

Evan Dimas memiliki peran penting di lini tengah Timnas Indonesia. Dia cukup jenius membangun serangan dengan menghubungkan lini tengah dan depan.

6. Marselino Ferdinan

Indonesia vs Prancis
Gelandang serang Timnas Indonesia U-19, Marselino Ferdinan. Foto : Istimewa

Marselino Ferdinan, pemain muda bertalenta milik Indonesia ini disebutkan sebagai bintang sepak bola masa depan. Dia menjadi gelandang Timnas Indonesia andalan Shin Tae-yong.

Marselino bahkan sampai mencuri perhatian media Inggris Tha Guardian. Dia disejajarkan dengan beberapa bintang muda top dunia lainnya seperti Gavi dari Barcelona.

7. Stefano Lilipaly

Playmaker Timnas Indonesia yang terakhir adalah Stefano Lilipaly.

Dia bisa ditempatkan sebagai pemain sayap, gelandang tengah, gelandang serang, atau bahkan penyerang tengah.

Itu deretan playmaker terbaik milik Timnas Indonesia. Dari tujuh pemain, ada tiga yang masih aktif bermain yaitu Marselino Ferdinan, Evan Dimas dan Stefano Lilipaly. (esa)

Pos terkait