Duh, Cristiano Ronaldo Tak Dijamin Jadi Starter Portugal di Piala Dunia 2022

Cristiano Ronaldo
Penyerang Manchester United, Cristiano Ronaldo. [Oli SCARFF / AFP]

Football, Jambiseru.com – Cristiano Ronaldo tak dijamin jadi starter Portugal di Piala Dunia 2022. Hal itu dikatakan oleh pelatih Timnas Portugal, Fernando Santos.

Dia menegaskan keputusannya harus diikuti bahkan oleh pemain bintang seperti CR7.

Bacaan Lainnya

Kata Fernando Santos, keputusan memilih 11 pemain utama Timnas Portugal ada di tangannya. Isu bahwa dia dipaksa untuk memainkan Cristiano Ronaldo dinilainya sebagai kabar yang tidak berdasar.

“Dipaksa? Ini bukan tentang memaksa saya,” kata Fernando Santos dengan marah dalam konferensi pers jelang menghadapi Nigeria dikutip dari Football365, Kamis (17/11/2022).

“Ini bukan persyaratan. Tidak ada yang dipaksa untuk melakukan apa pun di sini,” tambahnya dikutip dari iNews.id.

Menurut Santos, bermain tidaknya Cristiano Ronaldo sebagai starter itu didasari dari performa sang pemain. Jika siap, striker 37 tahun itu punya kesempatan untuk tampil.

“Pertanyaannya mungkin, Anda bisa bertanya kepada saya, berdasarkan apa yang dilakukan Cristiano Ronaldo (dalam beberapa pekan terakhir di lapangan) haruskah dia menjadi starter?” kata Santos.

“Ini [keputusan pelatih] berlaku untuk Cristiano Ronaldo dan semua pemain yang bersama tim nasional. Tidak ada hal seperti itu [dipaksa mainkan Ronaldo],” tegas Santos.

Cristiano Ronaldo tengah dalam masa-masa sulit di level klub. Dia tak lagi jadi pemain utama dalam skuad Manchester United asuhan Erik ten Hag.

Tercatat, Cristiano Ronaldo baru bermain 16 kali untuk Manchester United di seluruh kompetisi musim ini dengan durasi 1.051 menit.

Dalam periode tersebut, CR7 cuma mampu melesakkan tiga gol dan dua assist. Bahkan di Liga Inggris, striker 37 tahun tersebut baru mengemas satu gol dalam 10 pertandingan.

Di Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo adalah bintang. Dia merupakan pemegang rekor gol terbanyak sepanjang sejarah Selecao das Quinas dengan 117 gol.

Namun, dengan performanya yang begitu menurun musim ini, tidak jadi jaminan mantan pemain Real Madrid dan Juventus itu mendapatkan tempat utama di lini serang Portugal.

Timnas Portugal tergabung dalam Grup H pada Piala Dunia 2022. Mereka akan saling sikut dengan Ghana, Uruguay dan Korea Selatan untuk melaju ke babak 16 besar. (esa)

Pos terkait