Daftar 24 Tim Piala Asia Qatar 2023 Termasuk Timnas Indonesia

Daftar 24 Tim Piala Asia Qatar
Para Pemain Timnas Indonesia. Foto : Istimewa

Football – Berikut daftar 24 tim Piala Asia Qatar 2023. Qatar ditunjuk Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) sebagai tuan rumah Piala Asia 2023, mengalahkan Korea Selatan dan Indonesia yang juga mengajukan diri sebagai host.

Sejatinya tuan rumah Piala Asia 2023 ialah China. Tapi, Negeri Tirai Bambu mengundurkan diri lantaran virus Corona.

Bacaan Lainnya

Pihak AFC lalu membuka kesempatan bagi negara kontestan untuk maju jadi tuan rumah. Awalnya ada empat negara yang mencalonkan diri, yakniAustralia, Indonesia, Korea Selatan, dan Qatar.

Dikutip dari laman Suara.com (partner Jambiseru.com) judul artikel “Qatar Resmi Jadi Tuan Rumah, Ini 24 Kontestan Piala Asia 2023 Termasuk Timnas Indonesia“, saat proses berjalan, Australia kemudian mengundurkan diri, sehingga cuma ada tiga calon tuan rumah Piala Asia 2023. Dan akhirnya AFC menunjuk Qatar yang juga menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

“Komite eksekutif AFC hari ini telah mengkonfirmasi Asosiasi Sepak Bola Qatar (QFA) sebagai asosiasi tuan rumah Piala Asia 2023,” tulis pernyataan resmi dari AFC.

Piala Asia 2023 sendiri akan diikuti oleh 24 tim. Nantinya para kontestan dibagi enam grup yang masing-masing berisi empat tim.

Dalam pembagian grup, para negara peserta dimasukkan ke dalam pot yang berbeda, tergantung ranking FIFA. Berikut 24 tim peserta yang ikut di Piala Asia 2023:

Pot 1: Qatar, Iran, Jepang, Korea Selatan, Australia, dan Arab Saudi.

Pot 2: Irak, Uni Emirat Arab, Oman, China, Suriah, Vietnam.

Pot 3: Lebanon, Uzbekistan, Yordania, Bahrain, Palestina, Kirgistan.

Pot 4: India, Tajikistan, Thailand, Hon Kong, Malaysia, Indonesia.

Sebagai informasi, nantinya di Piala Asia 2023 juara dan runner-up grup akan lolos ke babak gugur. Kemudian ada empat peringkat ketiga terbaik yang juga masuk 16 besar. (esa)

Pos terkait