Qatar Tuan Rumah Piala Asia 2023

Qatar Tuan Rumah Piala Asia
Piala Asia. Foto : Istimewa

Football – Qatar tuan rumah Piala Asia 2023. Hal itu disampaikan oleh Presiden AFC, Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa. Ia turut mengapresiasi PSSI dan KFA (Federasi Sepak Bola Korea Selatan) yang ikut berpartisipasi pada pemilihan tuan rumah.

Seperti dilansir situs resmi AFC, Senin (17/10/2022), Salman mewakili AFC dan keluarga sepak bola Asia menyampaikan selamat kepada Asosiasi Sepak Bola Qatar yang sudah terpilih menjadi tuan rumah Piala Asia 2023.

Bacaan Lainnya

Kata Dia, pemilihan Qatar jadi tuan rumah tidak terlepas dari kemampuan dan infrastruktur yang saat ini ada di sana, menyusul gelaran Piala Dunia 2022 mulai November mendatang.

Dikutip dari laman Suara.com (partner Jambiseru.com) judul artikel “Resmi, Qatar Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023“, “Saya juga harus memuji AFC karena menunjukkan profesionalisme terbaik dalam melakukan proses penawaran cepat yang adil dan transparan dan saya berterima kasih kepada semua mitra komersial dan sponsor kami atas kesabaran mereka selama masa yang belum pernah terjadi sebelumnya ini,” kata Salman.

“Mengingat waktu persiapan yang singkat, kami tahu bahwa kerja keras segera dimulai tetapi dengan infrastruktur kelas dunia yang ada dan kemampuan penyelenggaraan yang tak tertandingi, kami yakin bahwa Qatar akan menampilkan tontonan yang layak sesuai dengan prestise dan status permata mahkota Asia,” sambungnya.

Komite Eksekutif AFC juga mempertimbangkan proposal penawaran untuk Piala Asia AFC 2027 dan memilih Federasi Sepak Bola Seluruh India (AIFF) dan Federasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF) sebagai dua penawar terakhir dengan keputusan tuan rumah akan diambil oleh Kongres AFC pada pertemuan berikutnya pada Februari 2023.

Keputusan itu menutup proposal penawaran QFA yang dianggap mundur dari balapan 2027 menyusul keberhasilannya mengajukan penawaran 2023 sesuai dengan ketentuan penawaran yang berlaku.

Football Australia menarik diri dari proses penawaran Piala Asia 2023 pada 1 September 2022, sementara Asosiasi Sepak Bola Uzbekistan dan Federasi Sepak Bola Republik Islam Iran secara resmi menarik tawaran mereka masing-masing untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2027 pada 14 Desember 2020, dan 13 Oktober 2022.

“Sekali lagi, kami berterima kasih kepada tiga Asosiasi Anggota kami, Federasi Sepak Bola Seluruh India, Asosiasi Sepak Bola Qatar dan Federasi Sepak Bola Arab Saudi, yang telah mengajukan tawaran kuat untuk menjadi tuan rumah Piala Asia AFC 2027,” Salman menerangkan.

“Kami juga harus mengakui Federasi Sepak Bola Republik Islam Iran dan Asosiasi Sepak Bola Uzbekistan karena mengisyaratkan niat mereka untuk menjadi tuan rumah edisi 2027 dan Football Australia karena menunjukkan minat mereka untuk turnamen 2023,” tukasnya. (esa)

Pos terkait