14 Negara Lolos ke Piala Asia U-20 2023, Termasuk Indonesia

Piala Asia U-20
Pesepak bola Indonesia Marselino Ferdinan (kedua kiri) melakukan selebrasi bersama rekannya usai mencetak gol ke gawang tim Vetnam saat pertandingan babak kualifikasi Piala Asia U-20 2023 Grup F di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (18/9/2022). [ANTARA FOTO/Moch Asim/nz]

Football Jambi Seru – Berikut ini daftar negara-negara yang lolos Piala Asia U-20 termasuk Indonesia.

Piala Asia U-20 2023 bakal berlangsung di Uzbekistan mendatang. Sejumlah tim sudah memastikan diri lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023, seiring mulai berakhirnya babak kualifikasi.

Bacaan Lainnya

Salah satunya ialah Timnas Indonesia U-19. Tim besutan Shin Tae-yong ini menjadi salah satu tim yang sukses meraih satu tiket ke Piala Asia U-20 2023.

Dikutip dari laman Suara.com (partner Jambiseru.com) judul artikel “Daftar 14 Negara Lolos ke Piala Asia U-20 2023, Termasuk Indonesia“, Timnas Indonesia U-19 sukses lolos ke putaran final di Uzbekistan setelah berhasil menjadi juara grup F, usai mengalahkan Vietnam, Minggu (18/9).

Di laga penentuan sekaligus laga terakhir grup F itu, skuad Garuda Nusantara berhasil menggasak rivalnya dengan skor 3-2.

Kemenangan ini didapat dengan Comeback ajaib. Pasalnya hingga 10 menit terakhir waktu normal, Timnas Indonesia U-19 sempat tertinggal 1-2 dari Vietnam.

Namun di 10 menit terakhir waktu normal itu, Timnas Indonesia U-19 mampu mencetak dua gol lewat tandukan Muhammad Ferarri dan Tap In dari Rabbani Tasnim.

Keberhasilan Timnas Indonesia U-19 melangkah ke putaran final Piala Asia U-20 2023 pun mengikuti jejak tim-tim besar lainnya.

Langkah Timnas Indonesia U-19 lolos mengikuti jejak tim-tim besar Asia seperti Arab Saudi, Qatar, Jepang, dan Korea Selatan.

Di sisi lain, kekalahan dari Timnas Indonesia U-19 tak membuat langkah Vietnam melaju ke putaran final Piala Asia U-20 2023 terhenti begitu saja.

Vietnam sendiri dipastikan lolos. Pasalnya saat ini, The Golden Star berada di puncak klasemen Runner Up grup terbaik dengan perolehan poin 6 dan selisih gol +7 gol.

Alhasil Vietnam pun menemani Timnas Indonesia U-19 sebagai wakil Asia Tenggara yang telah memastikan diri lolos ke Piala Asia U-20 2023.

Adapun Thailand yang juga merupakan salah satu tim besar di Asia Tenggara, harus puas berada di peringkat kelima Runner Up terbaik dengan perolehan 6 poin dan selisih +3 gol.

Posisi tim Gajah Perang tersebut belumlah aman, mengingat grup H belum melakoni kualifikasi. Sehingga, Thailand pun berpotensi digusur oleh tim-tim dari grup H.

Selain itu, tim-tim Asia Tenggara lainnya harus puas gugur di babak kualifikasi usai gagal meraih banyak poin atau bahkan menjadi lumbung gol lawan selama fase kualifikasi.

Berikut daftar 14 negara lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan tahun depan:

1. Uzbekistan (tuan rumah)

2. Arab Saudi (juara grup A)

3. Qatar (juara grup B)

4. Jepang (juara grup C)

5. Yordania (juara grup D)

6. Korea Selatan (juara grup E)

7. Indonesia (juara grup F)

8. Oman (juara grup G)

9. Tajikistan (juara grup I)

10. Iran (juara grup J)

11. Vietnam (Runner Up grup F)

12. Kirgizstan (Runner Up grup J)

13. China (Runner Up grup A)

14. Syria (Runner Up grup D)

(esa)

Pos terkait