Thailand Gagal Lolos ke Piala Asia U-20 2023

Thailand Gagal Lolos ke Piala Asia
Pelatih Timnas Thailand U-20, Salvador Garcia memeluk anak latihnya. [Twitter/@salvatorevalero]

Football – Timnas Thailand gagal lolos ke Piala Asia U-20 2023. Kegagalan Thailand ini terjadi lewat skema menyakitkan yang sangat mirip dengan tersingkirnya Timnas Indonesia di babak penyisihan grup Piala AFF U-19 2022.

Diketahui, saat itu Thailand dan Vietnam dianggap publik sepak bola Indonesia sebagai biang kegagalan Timnas Indonesia melaju ke semifinal Piala AFF U-19 2022.

Bacaan Lainnya

Pasalnya, mereka terindikasi bermain aman ketika saling bertemu di matchday terakhir babak penyisihan grup sampai laga berakhir dengan skor sama kuat 1-1.

Dikutip dari laman Suara.com (partner Jambiseru.com) judul artikel “Kena Karma, Timnas Thailand Resmi Gagal Lolos ke Piala Asia U-20 2023“, hasil tersebut membuat timnas Indonesia U-19 gagal melaju ke semifinal Piala AFF U-19 karena kalah head-to-head dalam klasemen mini antar tiga negara itu.

Kini, hal serupa menimpa Thailand. Mereka dipastikan gagal lolos ke Piala Asia U-20 2023 setelah duel Australia vs Iraq dalam matchday terakhir H babak kualifikasi berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan Tim Kangguru.

Hasil itu sudah cukup membuat Australia dan Iraq menjadi dua tim yang berhak lolos dari Grup H. Australia lolos lewat jalur juara grup, sementara Iraq sebagai salah satu dari lima runner-up terbaik.

Sebagai informasi, selain 10 juara grup, terdapat lima runner-up terbaik yang dipastikan lolos ke Piala Asia U-20 2023. Sebelum laga ini, Thailand yang tergabung di Grup G, masih berada di zona aman untuk lolos sebagai salah satu runner-up terbaik.

Uniknya, Thailand pada akhirnya gagal lolos lewat skema yang begitu menyakitkan. Poin dan selisih gol mereka sejatinya identik dengan Iraq yakni enam dan +3.

Bahkan, jumlah gol dan kemasukan kedua negara itu juga sama yakni enam gol dan kemasukan tiga gol. Namun, Iraq berhak lolos karena unggul dalam hal poin fair-play (perolehan kartu kuning dan merah) sebagaimana mengutip penjelasan The Thao 247.

Melansir laman resmi Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), Iraq pun sudah dikonfirmasi menjadi tim ke-16 alias terakhir yang memastikan diri lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023.

“Namun [meski kalah dari Australia], ada kegembiraan bagi Irak serta dua kemenangan sebelumnya yang berarti mereka mengamankan tempat di putaran final sebagai salah satu dari lima runner-up terbaik,” tulis AFC di laman resminya.

Thailand sendiri pada akhirnya cuma finis di posisi keenam klasemen runner-up terbaik, di bawah Syria yang berhak menduduki posisi lima atau batas akhir untuk merebut tiket ke putaran final Piala Asia U-20 2023. (suara/esa)

JAMBI SERU NEWS NETWORK

Portal Jambi Seru : 1. Sepak Bola / Football - 2. Selebriti / Celebrity - 3. Lirik Lagu / Song Lyrics - 4. Film / Movie - 5. Teknologi / Technology - 6. Batanghari - 7. Merangin - 8. Muaro Jambi - 9. Tungkal  10. Tebo - 11. Kerinci - Sungai Penuh Network : 1. Jambi - 2. Jambi Flash  - 3. Koran Jambi - 4. Angso Duo - 5. Thehok 6. Seru TV

-----

Pos terkait