Dalam 10 Tahun, Manchester United Habiskan Rp 3,5 Triliun untuk Beli Pemain 

Manchester United Habiskan Rp 3,5 Triliun
Striker Manchester United asal Portugal, Cristiano Ronaldo beraksi selama matchday kedua Grup E Liga Europa 2022-2023 antara Sheriff vs Manchester United di stadion Zimbru di Chisinau pada 15 September 2022 waktu setempat.Daniel MIHAILESCU / AFP

Football – Klub Liga Inggris Manchester United gelontorkan uang sampai Rp 3,5 triliun atau sekitar 210 juta poundsterling untuk beli pemain dalam 10 tahun terakhir. Hamburan uang ini jadi paling banyak di antara klub Liga Inggris.

Bahkan rekor ini juga paling besar di liga Eropa.

Bacaan Lainnya

Total, Old Trafford menghabiskan total 1,4 miliar poundsterling untuk 33 pemain sejak 2012.

Dikutip dari laman Suara.com (partner Jambiseru.com) judul artikel “Manchester United Beli Pemain Rp 3,5 Triliun 10 Tahun Terakhir, Paling Besar di Klub Liga Inggris dan Eropa“, di antara pemain yang dibeli dengan harga mahal adalah Paul Pogba senilai 89 juta poundsterling.

Kemudian biaya rekor dunia, 85 juta poundsterling yang dihabiskan untuk Antony musim panas ini dan 80 juta poundsterling untuk membeli Harry Maguire.

Jadon Sancho, Romelu Lukaku, Angel Di Maria, Casemiro, Bruno Fernandes, Anthony Martial, Fred dan Lisandro Martinez juga telah membuat United mengeluarkan koceklebih dari 50 juta poundsterling selama jangka waktu tersebut.

Nilai itu didapat dalam penelitian CIES Football Observatory, dikutip dari Dailymail.

Selain Manchester United, penelitian tersebut juga menemukan bahwa Juventus telah membayar 208 juta poundsterling untuk 36 pemain baru dan Paris Saint-Germain membayar lebih 142 juta poundsterling pada 31 pemain.

Dalam indikasi bahwa klub penjual menaikkan biaya transfer untuk pembeli Liga Premier, Aston Villa, Chelsea, Arsenal dan Everton juga masuk dalam 10 besar.

Sementara itu, Atletico Madrid dan Barcelona berada di peringkat ‘terbaik’ untuk melakukan perekrutan cerdas di bawah nilai pasar yang sebenarnya. (esa)

Pos terkait