Shin Tae-yong Tuntut Pemain Indonesia U-20 Perkuat Pressing Ketika Kehilangan Bola

Kontrak Shin Tae-yong
Shin Tae-yong. Foto : Istimewa

Football – Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong menuntut timnya harus memperkuat pengawalan atau pressing ke lawan ketika kehilangan bola saat pertandingan.

“Kelemahan saat ini, kalau kehilangan bola mereka suka berdiri diam. Seharusnya pemain kami pressing biar lawan tidak dapat peluang yang baik atau serangan balik,” ujar Shin, Selasa (25/10/2022).

Bacaan Lainnya

Kata juru taktik asal Korea Selatan tersebut, kekurangan itu tampak saar anak-anak didiknya menang dengan skor 2-1 kontra klub lokal Cakallikli Spor di laga uji coba di Antalya, Turki, Senin (24/10/2022).

Dikutip dari laman Suara.com (partner Jambiseru.com) judul artikel “Shin Tae-yong Desak Timnas Indonesia U-20 Harus Perkuat Pressing saat Kehilangan Bola“, walau bisa mengalahkan lawan, Ronaldo Kwateh dan kawan-kawan dinilai belum bisa merebut bola dengan cepat.

Hal itu membuat lawan lebih leluasa membangun serangan ke pertahanan Indonesia.

“Itu pelan-pelan harus diperbaiki, termasuk kelemahan-kelemahan yang lain,” tutur Shin.

Namun, secara keseluruhan, Shin menilai timnya sudah berlaga dengan baik. Kondisi fisik pemain sudah membaik dan mereka dinilai semakin mantap dari sisi kemampuan dasar.

Mental Timnas U-20 juga tak goyah meski Cakallikli Spor diperkuat pemain-pemain yang usianya lebih tua.

“Memang bisa saja dibilang tim lawan itu lemah, tetapi tetap mereka merupakan tim senior. Jadi, secara keseluruhan, pertandingan itu berjalan dengan lumayan baik,” kata Shin.

Adapun dua gol Indonesia saat mengalahkan Cakallikli Spor dicetak oleh Ginanjar Wahyu pada menit ke-17 dan Ricky Pratama menit ke-85. Lawan baru bisa memperkecil kedudukan pada menit ke-90.

Pertandingan persahabatan itu digelar di sela-sela pemusatan latihan alias training camp (TC) Timnas U-20 di Turki.

Timnas U-20 diagendakan berlatih dan beruji coba di Turki serta Spanyol selama dua bulan sebagai persiapan menuju Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 2023. (esa)

Pos terkait