Arti Assist di Sepak Bola

Arti Assist di Sepak Bola
Ilustrasi. Foto : Istimewa

Football – Arti assist di sepak bola, catatan statistik dalam sepak bola biasa dianggap menjadi tolak ukur kreativitas seorang pemain.

Saat ini, di sepak bola dikenal dengan adanya gol dan assist mejadi patokan guna mengetahui produktivitas pemain, terutama pemain di lini serang.

Gol dapat dipakai sebagai tolak ukur guna menilai kemampuan mencetak gol seorang pemain. Sementara assist biasanya dipakai sebagai acuan guna mengetahui kreativitas pemain memberi bola yang menjadi gol.

Dikutip dari laman Suara.com (partner Jambiseru.com) judul artikel “Wajib Tahu, Pengertian Assist dalam Sepak Bola” seperti Mesut Ozil, Ia disebut sebagai Playmaker terbaik di dekade 2010 lalu lantaran kemampuannya membuat banyak assist.

Pemain asal Turki itu sukses mencetak dua digit assist sejak musim 2008/2009 bersama Werder Bremen, Real Madrid, dan Arsenal.

Selain itu ada pula nama Cesc Fabregas yang juga dicap Playmaker terbaik di era yang sama dengan Ozil berkat sumbangan assistnya bersama Arsenal, Barcelona dan Chelsea.

Untuk era saat ini, ada nama Lionel Messi yang memang kerap mencetak banyak assist bagi Barcelona dan Paris Saint-Germain.

Bahkan, penyerang sekelas Karim Benzema juga dicap pemain terhebat di Eropa dan dunia tahun ini karena kemampuannya mencetak gol dan assist.

Lantas, apa itu assist? Bagaimana dengan sejarah assist dan cara untuk menghitung assist itu sendiri?

Jadi Statistik Kreativitas Pemain

Kata ‘assist’ sendiri secara harfiah memiliki arti membantu. Sedangkan dalam sepak bola sendiri, assist memiliki arti sebagai operan terakhir sebelum penerima bola berhasil mencetak gol.

Pendapat ini dikemukakan oleh Donald Howe, seorang mantan pemain dan pelatih Timnas Inggris yang membidani lahirnya Opta pada 1996 silam.

Arti ini kemudian berkembang luas dan masuk ke dalam istilah statistik di sepak bola dan olahraga lainnya, salah satunya adalah basket.

Belakangan, assist dianggap masuk dalam statistik jika seorang pemain mampu mencetak gol lewat tendangan penalti.

Assist lewat tendangan penalti itu kini biasanya diberikan kepada pemain yang dilanggar oleh lawan di kotak 16.

Namun hal ini pun kemudian dibantah oleh Opta selaku perusahaan analisi dan statistik di sepak bola yang menyebut assist harus dilakukan secara sengaja agar rekan setimnya bisa mencetak gol.

Belakangan, assist pun mulai menjadi tolak ukur kreativitas pemain-pemain di olahraga sepak bola saat ini. Makin banyak assist yang dibuat, maka makin kreatif pemain tersebut.

Maka tak mengherankan jika pemain yang mampu mencetak banyak assist di dalam sebuah kompetisi, akan mendapat sanjungan dan penghargaan.

Sebagai contoh di Liga Inggris ada Playmaker of the Season yang diberikan kepada pencetak assist terbanyak dalam semusim. (esa)

Pos terkait