Jersey “Polos” Denmark di Piala Dunia 2022, Bentuk Protes Pelanggaran HAM di Qatar

Jersey Polos Denmark
Jersey Timnas Denmark untuk Piala Dunia 2022. [Instagram/@hummelsport]

Football – Timnas Denmark bakal memakai jersey yang terlihat “polos” untuk Piala Dunia 2022 Qatar. Hal itu dilakukan sebagai protes dari pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) yang dilakukan tuan rumah Qatar terhadap para pekerja migran.

Melansir BBC Sport, Kamis (29/9/2022), penyedia apparel Timnas Denmark, Hummel sudah merancang seragam khusus untuk Danish Dynamite di mana warna emblem dan sponsor senada dengan corak jersey.

Bacaan Lainnya

Desain terbaru tersebut disebut Hummel sebagai pesan bahwa mereka “tidak ingin terlihat” dalam turnamen yang diklaim “telah menelan ribuan nyawa”.

Dikutip dari laman Suara.com (partner Jambiseru.com) judul artikel “Timnas Denmark Pakai Jersey “Polos” di Piala Dunia 2022, Bentuk Protes Pelanggaran HAM di Qatar“, “Kami mendukung tim nasional Denmark tetapi itu tidak sama dengan mendukung Qatar sebagai negara tuan rumah,” demikian pernyataan Hummel.

Sebagai bagian dari desain, lencana Denmark juga “diperkecil”. Selain akan mengenakan jersey kandang merah dan seragam kedua warna putih, Timnas Denmark juga dilengkapi jersey ketiga berwarna hitam sebagai tanda berkabung.

Sponsor kit pelatihan Denmark juga akan menarik logo mereka untuk memberi ruang bagi pesan-pesan kritis terhadap Qatar.

Pejabat Qatar sebelumnya membantah angka kematian pekerja migran yang bekerja di fasilitas Piala Dunia, dengan mengatakan angka total sebenarnya pada 2021 adalah 37 korban jiwa.

“Kami ingin membuat pernyataan tentang catatan hak asasi manusia Qatar dan perlakuannya terhadap para pekerja migran yang telah membangun stadion Piala Dunia di negara itu,” demikian pernyataan resmi Hummel.

“Kami percaya bahwa olahraga harus menyatukan orang. Dan ketika tidak, kami ingin membuat pernyataan.”

Namun, komite tertinggi Qatar 2022, yang menyelenggarakan turnamen tersebut, membantah klaim Hummel tentang kematian pekerja migran.

“Kami telah terlibat dalam dialog yang kuat dan transparan dengan Asosiasi Sepak Bola Denmark (DBU),” kata sebuah pernyataan.

“Kami dengan sepenuh hati menolak meremehkan komitmen tulus kami untuk melindungi kesehatan dan keselamatan 30.000 pekerja yang membangun stadion dan proyek turnamen lainnya.

“Kami telah bekerja dengan rajin bersama pemerintah Qatar untuk memastikan bahwa turnamen ini memberikan warisan sosial yang langgeng.” (esa)

JAMBI SERU NEWS NETWORK

Portal Jambi Seru : 1. Sepak Bola / Football - 2. Selebriti / Celebrity - 3. Lirik Lagu / Song Lyrics - 4. Film / Movie - 5. Teknologi / Technology - 6. Batanghari - 7. Merangin - 8. Muaro Jambi - 9. Tungkal  10. Tebo - 11. Kerinci - Sungai Penuh Network : 1. Jambi - 2. Jambi Flash  - 3. Koran Jambi - 4. Angso Duo - 5. Thehok 6. Seru TV

-----

Pos terkait